Ke Banjarbaru, Jangan Lupa Mampir ke Masjid Bambu

Kota Banjarbaru menawarkan potensi wisata yang besar, yang menarik untuk dicoba. Masjid Bambu di Kiram menjadi salah satu titik yang bisa dikunjungi.

Terlepas dari statusnya sebagai rumah ibadah, Masjid Bambu KH Abdul Qodir Hasan punya keunikan yang membuatnya punya daya tarik untuk wisatawan. Sesuai namanya, ia menggunakan ornamen bambu dalam pembangunannya.

Dibangun mulai Juli 2020 dan diresmikan pada 2021, masjid berbentuk kapal ini terletak di Jl Pangeran Suryanata, Desa Kiram, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan. Masjid yang juga disematkan nama ulama besar yang bermakam di Martapura itu berada persis di sebelah utara area wisata Kiram Park.

Baca juga: Nonton BNI Sirnas B Kalsel 2023 Sempatkan Healing di Kiram Park

Luqmanul Hakim, seorang pegawai bank asal Kandangan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, rela menempuh perjalanan darat tiga jam untuk mengunjungi Masjid Bambu. Ia membawa serta istri dan dua putranya, dan berencana menghabiskan waktu berwisata di Banjarbaru pada periode libur Idul Adha ini.

“Tahu masjid ini dari medsos, dari IG, orang banyak posting. Bagus, terbuat dari bambu, bersih, unik, beda dari yang lain,” ungkapnya.

“Kalau lokasinya kan sekitar sini hutan, banyak tempat wisata, jadi pas lah. Jadi habis wisata di sekitar sini, kan banyak nih, salat di sini bisa,” kata Luqmanul.

Baca juga: Berlian Indah Pinastika, Betul-betul ‘Berlian’ di BNI Sirnas 2023

Pengelola mengakui masjid ini tak semata jadi tempat ibadah, tetapi juga jadi kunjungan wisata. Ia pun berpesan agar para pengunjung tetap memerhatikan sikap dan norma kesopanan saat datang.

“Memang sangat banyak pengunjung yang datang dari luar daerah Kalimantan, bahkan dari luar negeri seperti kemarin ada pengunjung dari Turkiye. Harapan kami kepada pengunjung semoga mereka senang dengan keunikan masjid ini dan tetep menjaga tata tertib, dengan berpakaian sopan dalam kawasan tempat ibadah,” ujar M Syarfii.

Sebagai catatan, jika detikers berencana berkunjung ke Kiram dan mampir ke Masjid Bambu, ada baiknya mempertimbangkan untuk menggunakan kendaraan sendiri atau menyewa. Sebab meski transportasi online dari kota Banjarbaru mudah didapatkan, tapi di Kiram relatif masih sepi dan jarang.

Simak rangkuman informasi BNI Sirkuit Nasional 2023 selengkapnya di halaman khusus berikut ini!

Baca juga: Kisah Istri Sony Dwi Kuncoro Jadi Ibu Sekaligus Pelatih Putri Sendiri

(raw/krs)

Related Posts

Hak Cipta © 2024 Zigzagbatam. Semua Hak Dilindungi Undang-Undang.