7 Cara Mendinginkan HP Terbaik Demi Perpanjang Usia Gawaimu di Tahun 2022_1

Saat ini, ternyata ada banyak sekali orang yang mencari cara mendinginkan HP. Entah karena tersadar bahwa gawai yang dimiliki merupakan investasi jangka panjang, atau mereka tipe penyayang barang.

Mendinginkan sebuah gawai sebenarnya sedikit tricky karena berbeda dari laptop, komponen pendinginan yang tersedia di pasaran cukup terbatas saat ini. Ditambah ketika dirimu sedang asik memainkan games favorit seperti Genshin Impact atau Mobile Legends, suhu panas terbukti kacaukan kesenangan bermain.

Buatmu yang penasaran bagaimana cara mendinginkan HP terlepas dari brand apapun itu, di bawah ini adalah beberapa caranya, versi kami di tahun 2022.

Daftar isi

1. Bermain di Ruangan Ber-AC

Buatmu yang miliki rezeki lebih, gunakanlah air conditioner atau AC, karena cara mendinginkan HP ini terbilang cukup efektif. Dengan berdiam diri di ruangan ber-AC, tidak hanya gawaimu saja yang dingin, namun badanmu juga akan merasakan dampaknya. Rasanya merasakan lose streak di game Mobile Legends takkan sesakit itu di ruangan ber-AC.

Biasanya, suhu ruangan ideal supaya suhu gawai tetap terjaga ialah berada pada kisaran 25c karena kita hidup di daerah tropis. Meski tidak serta-merta mendinginkan suhu gawai secara masif, namun setidaknya suhu HP tetap bisa dikondisikan, bukan?

2. Gunakaan Cooler Tambahan

Nah, cara mendinginkan HP yang satu ini cukup populer buat saat ini loh, brott. Tak hanya laptop, namun kini HP diberikan kemudahan untuk akses pendinginan ekstra. Biasanya, cara gunakan cooler ini cukup ditempelkan pada bagian belakang gawai sembari dicolok ke charger, atau bahkan gawaimu secara langsung.

Beruntung, opsi gunakan cooler tambahan ini terbilang cukup mudah dan murah untuk dilakukan siapapun. Kalian bisa temui beraneka ragam cooler khusus HP, bahkan tablet yang mampu turunkan suhu gawaimu secara signifikan.

Review lengkapnya bisa kalian lihat di Youtube ya brott!

Sebagai referensi, sebelumnya kami pernah mengulas smartphone gaming Black Shark 4 dengan dan tanpa cooler, yang bisa kalian lihat di atas.

3. Istirahatkan HP

Cara termudah untuk mendinginkan HP ialah dengan mengistirahatkannya barang sejenak. Biasanya, penyebab utama dari panasnya gawai ialah dikarenakan pemakaian yang terlalu intens, entah itu untuk bermain game, maupun sekedar digunakan. Dengan mengistirahatkan HP sekitar 20-an menit, setidaknya suhu gawai mampu turun perlahan.

4. Bersihkan HP dari File Sampah

Bila HP sudah cukup lama digunakan, biasanya akan ada banyak file sampah yang terakumulasi. Entah itu cache aplikasi, cookies pada browser, yang semuanya berperan untuk membantu dongkrak suhu HP secara tidak langsung. Prosesor dan RAM pada gawaimu akan terkena imbasnya, menjadi lebih panas karena harus memproses semuanya.

Jangan salah, terkadang membersihkan HP juga bisa menjadi salah satu cara mendinginkan HP paling efisien loh, brott.

5. Hindari Memainkan HP Sembari Mengisi Daya

Nah, ini nih kebiasaan yang paling sering penulis lihat di sekitar. Sebisa mungkin, hindari memainkan HP sembari mengisi daya, karena akan berdampak pada performa dari HP itu sendiri.

Logikanya, mengisi daya saja sudah bisa membuat HP terasa hangat, apalagi bila sembari digunakan untuk sesuatu yang menuntut, seperti nge-game. Bila brott tetap melakukan hal tersebut, ditakutkan justru akan memperpendek usia dari gawai itu sendiri.

6. Mematikan Bluetooth dan Akses Lokasi

Eits siapa bilang bahwa bluetooth dan akses lokasi tidak menyedot daya yang cukup besar. Justru dengan mematikan konektivitas bluetooth berikut akses lokasi bila tak diperlukan memang terbukti mampu turunkan suhu gawai milikmu.

7. Cara Mendinginkan HP Terekstrim, Cemplungin ke Air

Buatmu yang miliki HP yang tahan air seperti limbah Jepang milik penulis, rasanya cara mendinginkan HP ini sangatlah lumrah dilakukan. Perlu dicatat bahwa ini termasuk ekstrim karena tidak semua HP memiliki sertifikasi tahan air.

Namun, bila kamu memang kebetulan miliki HP yang memang tahan air, rasanya tak ada salahnya untuk mencoba cara ekstrim yang satu ini. Sebagai referensi, penulis berhasil turunkan suhu dari 40c ke 32c dengan mencemplungkan limbah Jepang ke dalam air selama 1 menit.

Baca juga informasi menarik lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author

Related Posts

Hak Cipta © 2024 Zigzagbatam. Semua Hak Dilindungi Undang-Undang.