7 Game yang Mengajarkan Kita Moral Hidup yang Sangat Berharga

Walau kini sudah jauh lebih berkurang, namun tak menungkiri kalau masih banyak saja orang tua atau kritikus yang menganggap kalau video game adalah hal yang tidak berguna atau memberikan efek negatif ke pemainnya.

Walau pernyataan ini tidaklah 100% salah, namun di saat yang sama pernyataan ini tidaklah 100% tepat. Terbukti, kini dengan main game saja, kita bisa mendapatkan penghasilan yang bahkan melebihi penghasilan pekerja kantoran.

Selain itu, terdapat juga beberapa game yang baik dari storyline atau gameplay, justru memberikan pesan atau refleksi moral yang tentunya sangat berharga bagi kehidupan kita ke depannya.

Dan berikut adalah 7 contoh game yang sukses mengajarkan kita pesan / wejangan moral hidup yang sangat berharga tersebut.

Daftar isi

1. Berani dan Tangguh Dalam Menerima Konsekuensi Yang Diberikan (Fallout 2)

Sebenarnya banyak sekali game seperti Fallout 2 yang juga mengajarkan pesan moral hidup ini. Namun untuk pembahasan ini, penulis sengaja memilih Fallout 2 karena game-nya yang memiliki 47 variasi ending.

Nah seperti game lain yang juga memiliki variasi ending banyak, maka untuk mendapatkannya, kita harus melakukan berbagai variasi caranya juga. Dan tak jarang, beberapa cara dan ending­-nya tidak sesuai dengan harapan.

Dan ketika hal ini terjadi, kitapun menjadi kesal dan protes sendiri. Padahal, keputusan yang kita buat / putuskan sebelumnya lah, yang membuat kita mendapatkan hasil ending yang tidak kita inginkan tersebut.

Oleh karenanya, apabila memang tidak ingin kecewa, selalu berhati-hati dan bijak-bijaklah dalam menentukan cara atau perintahnya. Atau kalau sudah terlanjur basah, ya mau tidak mau, kita harus bisa menerima / menghadapi konsekuensi dari hal yang telah kita perbuat tersebut.

Kalau kata pepatah, “berani berbuat, berani bertanggung jawab atas hasil / resiko yang kta dapatkan”.

2. Pantang Menyerah (Ninja Gaiden)

Sama hal-nya seperti poin pertama, faktanya, banyak juga game lain yang memberikan kita pelajaran moral hidup ini.

Namun selain karena seorang ninja adalah sosok yang tangguh dan pantang menyerah, juga seperti kita ketahui, franchise klasik Ninja Gaiden adalah salah satu franchise game yang tingkat kesulitannya mmebuat kita menjadi “gila” sendiri.

Bagi kalian yang belum pernah memainkan, selamat kalian beruntung dan sebisa mungkin, hindari seri game ini. Namun bagi kalian yang sudah memainkan, kalian tentunya sudah mengetahui betapa sulitnya game ini.

Saking sulitnya, Ninja Gaiden bahkan dianggap sebagai salah satu game tersulit sepanjang masa. Sedikit saja salah langkah, langsung tewas, dan mengulang game-nya dari awal.

Namun walau kerap membuat greget kesal sendiri (dan bahkan untuk beberapa kasus, ada pemain yang sampai jatuh sakit), secara tidak langsung, seri game ini mengajarkan kita untuk pantang menyerah.

Dengan kata lain, sebelum level selesai, mau diulang lagi dari awal mula hingga 100 kalipun, akan tetap kita selesaikan sampai titik darah penghabisan.

Nah ironisnya, banyak game yang bisa menumbuhkan sifat ini ketika memainkan game seperti Ninja Gaiden ini tapi, di dunia nyata, sikap ini tidaklah ia tumbuhkan sama sekali.

3. Kerjasama dan Tolong Menolong Adalah Kunci Kesuksesan (Final Fantasy Series)

Tak ayal, sebgian besar fans franchise JRPG hit, Final Fantasy, menyukai franchise ini karena tampilan grafisnya yang super memukau, atau plot ceritanya yang selalu dalam dan keren.

Memang tidak masalah sama sekali apabila demikian. Tapi sekarang pertanyaannya, seberapa banyakkah dari kalian yang menyukai game ini karena aspek pesan moral yang diberikan oleh game-nya?

Ya rasanya, hanya segelintir yang demikian. Padahal pesan moral yang diberikan game-nya ini sangat berguna terlebih, bagi kita-kita yang masih suka merasa egois atau, ingin melakukan apa-apanya sendirian.

Maksudnya disini, Final Fantasy mengharuskan kita untuk membangun tim dengan berbeda latar belakang ras dan kekuatannya, demi mengalahkan musuh besarnya. Apabila karakter kita (katakanlah Squall), hanya sendirian atau berdua saja dengan salah satu partnernya, dijamin mereka bedua akan langsung keok.

Hal ini persis seperti kehidupan di dunia nyata. Dengan kita melakukan seluruh kegiatan secara gotong royong, dijamin pekerjaan yang sebegitu banyak, akan lebih cepat selesai dan kitapun, juga tidak akan mengalami kelelahan akut sama sekali.

4. Waktu Tidak Bisa Menunggu Kita (The Legend of Zelda: Majora’s Mask)

Di salah satu seri Zelda terpopuler ini, Link harus menyelamatkan Clock Town dari hari kiamat yang mengancam. Dan betapa terkejutnya Link dan pemain, bahwa terdapat batasan waktunya untuk melakukan tindakan pencegahannya.

Bahkan lebih jauhnya, setiap menit, bahkan detik yang kita buang memiliki implikasi yang sangat riskan. Oleh karenanya penting sekali bagi kita untuk melakukan manajemen waktunya dengan se-efektif mungkin.

Sedikit saja kita miskalkulasi atau santai-santai, kian dekat saja kita dengan jurang kegagalan. Nah dari deskripsi teknis game ini, maka bisa kita tarik kesimpulan sekali lagi kalau waktu itu sangat berharga.

Oleh karenanya, pastikan kita memanfaatkan setiap detik dan menitnya dengan gol-gol yang kita inginkan. Sedikit saja kita habiskan untuk hal tak berguna, maka hari yang kita lewati pun menjadi super sia-sia.

5. Cermati Dan Pelajari Semua Sebelum Melakukan Asumsi (L.A Noire)

Salah satu alasan mengapa game detektif L.A Noire begitu dipuja, adalah fitur kerennya yang bisa memberikan pertimbangan sebelum akhirnya, memberikan tuduhan bersalah terhadap tersangkanya.

Ketika kita sebagai Cole Phelps sedang melakukan interogasi ke tersangkanya, kita akan diberikan banyak pilihan atau langkahnya seperti: memberikan pertanyaan mendalam, membandingkan barang bukti, dan juga mempelajari raut alibi wajahnya.

Nah ketika kita melakukan ini, kita dituntut untuk bisa sejeli dan secerdas mungkin dalam menalarkan semuanya. Karena sekali saja kita tidak jeli, maka hal ini akan menimbulkan asal tuduh yang tentunya, akan merugikan baik ke yang dituduh, maupun reputasi kita sebagai detektif-nya.

Dan apa yang kita lakukan di L.A Noire ini bisa sekali kita petik moralnya. Spesifiknya, sebelum kita berasumsi atau bahkan menuduh seseorang mencuri uang, ada baiknya kita cermati, pelajari, dan selidiki semuanya dengan secermat mungkin.

Jangan sampai gara-gara tuduhan yang belum kuat buktinya, merusak tali persahabatan atau bahkan persaudaraan dengan sosok terdekat kita.

6. Pelan dan Terkendali = Kunci Kesuksesan (Forza)

Bisa juga diapllikasikan ke judul game balap mobil simulasi realitis lainnya seperti Gran Turismo, pada intinya game mobil balap seperti ini sering disalahkaprahkan maknanya.

Spesifiknya, karena sifat game-nya yang mengharuskan kita balapan dan menjadi nomor satu di sirkuitnya, maka kitapun memutuskan untuk menancap gas penuh alias kebut-kebutan.

Walau secara logika ada sedikit benarnya, kenyataannya apabila kita melakukan hal yang sama di dunia nyata, dijamin kita akan langsung mengalami kecelakaan fatal. Nah analogi otomotif ini, juga sama persis atau bisa diaplikasikan ke kehidupan sehari-hari.

Spesifiknya, dalam melakukan hal apapun termasuk aktivitas kecil seperti makan dan minum, ada baiknya kita lakukan secara perlahan saja. Apabila kita makan dan minumnya cepat-cepat atau buru-buru, dijamin kita akan langsung tersedak, bahkan tak menutup kemungkinan, kehilangan nyawa.

Juga seperti aktivitas PDKT dengan wanita yang kita sukai. Apabila kita terlalu agresif dan ingin cepat disetujui, yang ada si wanita menjadi malas bahkan membenci kita.

7. Jangan Boros! (Semua Game Tycoon)

Masih banyak fans game ber-genre Tycoon yang motivasi main game-nya karena ingin merasa seperti bos dari sebuah perusahaan atau taman hiburan keren.

Alhasil, motivasi inipun kerap membuat kita terlupa dengan salah satu elemen yang juga menjadi pesan moral keren di dalamnya. Yaitu spesifiknya, manfaatkan dan pergunakan uang yang ada dengan sebaik-baiknya.

Seperti yang ada di dalam game-nya, kita tentunya harus bisa membagi-bagi dan memikirkan ini dan itunya sebelum akhirnya melakukan transaksi jual-beli dan segala macamnya. Hal ini dilakukan agar aliran kas tetap stabil dan usaha yang kita jalankan, bisa terus berjalan.

Apabila kita sering memainkan game ini dan menerapkan moral hidup ini baik ke dalam bisnis atau pengeluaran hidup sehari-hari, dijamin berapapun gaji yang kita terima setiap bulannya akan selalu cukup atau bahkan lebih banyak.

Itulah tadi 7 game yang mengajarkan kita pelajaran moral hidup yang sangat berharga. Semoga pembahasannya bermanfaat dan menginspirasi!

7 Game yang Mengajarkan Kita Moral Hidup yang Sangat Berharga 3

Baca juga informasi menarik lainnya terkait Video Game atau artikel lainnya dari Marvin Emir Ciputra. For further information and other inquiries, you can contact us via author

Related Posts

Hak Cipta © 2024 Zigzagbatam. Semua Hak Dilindungi Undang-Undang.